Struktur Penyusunan RPP KTSP Berkarakter

Menyusun RPP bukan perkara yang sulit karena setiap pendidik sudah memahami apa dan bagaimana cara pembuatanya. Membuat RPP tidak perlu repot untuk kursus atau belajar disebuah ruangan khusus, karena membuat RPP bisa dilakukan hanya dengan melihat contoh yang sudah ada pada guru senior masing-masing. Meskipun demikian saya ingin berbagi walau tak begitu berarti struktur dasar kerangka penyusunan RPP
Struktur Penyusunan RPP KTSP Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : …………………………………………………..
Satuan Pendidikan : …………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………………………………
Pertemuan Ke : …………………………………………………………………..
Alokasi Waktu : ………………………………………………. Jam Pelajaran
( diisi sesuai dengan silabus ).
Kompetensi dasar :
1. ………………………………………………………………………………………………….
2. ………………………………………………………………………………………………….
Indikator
1.1……………………………………………………………………………………………………….
1.2………………………………………………………………………………………………………
2.1……………………………………………………………………………………………………….
2.2. ……………………………………………………………………………………………………..
( KD dan Indikator ditulis lengkap sesuai silabus ).
Tujuan Pembelajaran.
1. …………………………………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………………………………..
( Rumuskan dengan lengkap mengacu pada indikator ).
Materi Standar :
1 ………………………………………………………………………………………………………………
2 ……………………………………………………………………………………………………………..
( Tuliskan garis besar atau pokok-pokok saja, yang langsung berkaitan dengan inidkator dan tujuan pembelajaran).
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awak ( Pembukaan ).
a. ……………………………………………………………………………………………………………
b. ……………………………………………………………………………………………………………
2. Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi )
a. ………………………………………………………………………………………………………………
b. …………………………………………………………………………………………………………….
3. Kegiatan Akhir : (Penutupan ).
a. ………………………………………………………………………………………………………………
b. ……………………………………………………………………………………………………………..
( Tulis kegiatan apa yang harus dilakukan dari awal sampai akhir, untuk mencapai tujuan dan pembentukan kompetensi.).
Sumber Belajar :
1…………………………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………………….
( Tuliskan sumber belajar yang akan digunakan ), termasuk alat praga, media, dan bahan pembelajaran/buku sumber ).
Penilaian : ( dilakukan melalui Penilaian proses, penilaian hasil belajar).
1. tes Tulis ……………
2. Kinerja ( Performansi )………………….
3. Produk……………………………….
4. Penugasan/Proyek ……………………….
5. Portofolio…………………………………….
( Tulis penilaian apa yang akan dilakukan untk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar, pilih jenis penilaian yang sesuai/ paling tepat ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar